Software Pengkonversi Teks ke Audio

 Pada postingan sebelumnya Saya telah menyuguhkan sebuah software pengkonversi file video & audio ( bagi yang belum sempet baca klik disini ), dan pada postingan kali ini Saya mencoba untuk menyuguhkan kembali software pengkonversi namanya Speak Lite. Tapi kali ini yang dikonversi adalah file teks ( txt ) menjadi suara, eits... tapi bukan berarti menjadi file suara ( mp3, wav, amr, dll ). Jadi istilahnya, software ini membacakan isi dari file txt yang akan dikonversi. Umpanya Blogger punya file di MS Word yang isinya adalah tulisan bahasa Inggris, copy tulisan tersebut dan paste di notepad kemudian kasih nama file terserah Blogger. Dan gunakan software ini untuk membacakannya, ya itung - itung latihan mempertajam pendengaran kita dalam versi bahasa Inggris. Lumayan unik yach softwarenya...? Okelah kalau begitu, akan Saya akan mencoba mendemonstrasikan bagaimana cara menggunakan software ini. Lihat tutorial dibawah ini ! :





1. Install dulu file master software ini ( tidak usah Saya praktekan cara nginstallnya ).
2. setelah terinstall, bukalah aplikasi ini :













3. Untuk membacakan sebuah file txt, lakukan seperti pada gambar :











Klik menu File - Read Text File ( Ctrl+R ), kemudian tentukan direktori tempat dimana file tersebut disimpan. Pada peragaan ini file tersimpan di Desktop.














Jika file yang akan dikonversi sudah ditentukan, klik OK. dan secara otomatis akan dibacakan oleh software ini.

Oya... Kita juga bisa bermain - main dengan software ini loh, lihat peragaan dibawah :













Ketikan sebuah kata pada kolom speak, lalu klik tombol yang bergambar bibir ( bertuliskan say it! ), hi..hi.... si software akan membacakan apa yang kita tulis. Supaya lebih seru. Coba Blogger ketikkan sebuah kata dalam bahasa Indonesia pasti kata tersebut akan dibacakan dengan gelepotan.  Karena Software ini didedikasikan untuk membacakan kata dalam bahasa Inggris.



NB : Software ini bukan software gratis / freeware, jadi jika ingin memiliki software ini harus registrasi dulu. Tapi tenang Saya sudah menyediakan Key / Serial number untuk software ini. Dan untuk meng Unlock software ini, begini caranya :
Klik pada menu About - Unlock Speak Lite. Kemudian Copy Paste Serial Number yang sudah Saya sediakan.













Setelah itu klik Unlock.

Berminat? Download aja Disini dan Serial Numbernya Disini

Selamat Mencoba.

4 comments: